DIY Freebies

Freebies : DIY Eid Money Packet

Sebenernya agak telat sih, lebaran tinggal beberapa hari lagi. Tapi ga apa-apa, justru buat yang hari gini belom punya money packet alias amplop angpao buat lebaran nanti, silakan download gratis template amplop yang kita bikin ini, trus nanti tinggal print, potong, lipat, tanpa lem.

Alasan paling klise dari hampir semua proyek-proyek DIY kita adalah, karena ga nemu yang sesuai selera, jadi ya uda bikin sendiri aja. Alasan yang sama juga berlaku buat proyek amplop angpao ini, karena butuh buat lebaran, tapinya ga nemu yang bagus, jadi ya udah saya sama Nyanya berinisiatif bikin-bikin. Lagian kangen juga ngasih freebies di blog ini, keseringan jualan :)))

Keluarga besar Landjanun itu termasuk penganut tradisi bagi-bagi duit buat anak-anak pas lebaran. Jadi abis shalat Eid, salam-salaman, nyekar ke makam, abis itu mulai deh semua bocah disuruh berbaris dan dikasih uang sama kakak/om/tante-nya. Saya masih inget banget, yang bikin hepi itu bukan karena nominal uangnya, karena dulu waktu kecil kan belom ngerti. Yang bikin hepi itu karena uangnya pake uang baru yang masih licin dan wangi, trus warna-warni dengan berbagai jenis pecahan. Biasanya sampe 1-2 minggu setelah lebaran, duitnya masih disayang-sayang ga boleh kelipet sama sekali.

Dan tradisi itu sejak saya kecil sampe sekarang masih berlanjut. Dulu saya ikut berbaris, sekarang gantian saya yang ngasih, dan posisi saya digantiin sama generasinya Rinjani dan sepupu-sepupunya. Sampe sekarang, tradisi ini jadi memori masa kecil yang paling membahagiakan tentang lebaran.

Ide bikin amplop dengan selipan ini sebenernya bukan orisil dari kita, tapi terinspirasi dari kreasi orang lain di Pinterest yang ide dasarnya kurang lebih kaya gitu. Tapi ilustrasinya asli hasil kolaborasi Rinjani sama saya. Sebenernya Rinjani sendiri sih, saya cuman ngerapihin beberapa bagian. Rinjani itu paling posesif kan sama karya-karyanya. Jadi kalo yang namanya kolaborasi, harus ijin dulu, trus nanti hasilnya harus melalui approval dia dulu. Kaya ilustrasi ini aja, tadinya bagian mata, hidung, dan beberapa bagian lainnya udah saya ganti, tapi karena ga di-approve sama kanjeng Kucrit, jadi dibalikin lagi deh. Tapi bagian kakinya alhamdulillah di-approve. “It’s better than mine, so it’s okay!” ceunah. Hhhh *menghela napas*.

Setelah lolos approval Kucrit (dan tentunya final approval dari Nyanya yang ga kalah ruwetnya), baru deh saya bikin desain konstruksi amplopnya. Pengennya bikin amplop yang sesimpel mungkin, dan yang bisa dibikin dengan material seminimal mungkin dalam waktu singkat. Makanya saya bikin amplop yang pake sistim selip, jadi ga perlu pake lem. Cuman proses motongnya jadi agak ekstra sih. Tapi kalo tetep mau pake lem biar lebih kokoh juga bisa. Tinggal di-lem aja.

Buat yang berminat mau make template ini silakan banget dengan senang hati. Silakan download via link di bawah, trus nanti tinggal print aja. Ukuran template-nya A4, jadi bisa pake printer rumahan. Kertasnya kalo mau pake HVS 80gsm juga bisa, tapi disarankan art paper atau inkjet paper biar agak tebelan dan agak kaku. Instruksi lipat dan potongnya gampang banget kok, tinggal ngikutin aja. Atau bisa liat foto-foto di bawah ini.

Kalo udah bikin, jangan lupa foto-foto, share keseruannya di Instagram, trus tag @thebabybirds ya? Selamat berlebaran, gaes!

[wpdm_package id=30218 template=”link-template-default.php”]

UPDATE :

Kalo link download di atas bermasalah, coba klik di sini, atau copy-paste link ini di browser : www.thebabybirds.net/downloads/eid_packet.pdf.

 

The girls called him Popo. Popo spent several years working as a graphic/new media designer in several companies in several cities before he got bored and decided to move back to Bandung and started his own streetwear label with his friends. Now, when he’s not busy massaging Nyanya’s back or making play doh with Rinjani, Popo can be found at WADEZIG! HQ making cool apparel.

Leave a Comment

Comments (2)

  1. Ahhh…. Senang banget bisa nyasar disini. Pas banget lagi nyari2 amplop buat uang lebaran. Sebenernya udah beli yang jadi, mainstream banget sih tapinya. Jadi kurang puas. Yang ini oke dan keren bangett. Suka sama gambarnya yang khas anak-anak banget. Kan uang lebarannya juga buat anak-anak. Thankss for this cute freebies :)

%d bloggers like this: