DIY Freebies

Freebies : DIY Money Packet 2018

Gara-gara ‘diteror’ via DM Instagramnya @thebabybirds oleh beberapa teman, akhirnya kita bikin-bikin freebies amplop angpao lagi tahun ini. Tadinya emang ga ada rencana bikin, karena kita ngga pulang kampung lebaran tahun ini, lagian kita semua masih kerja bakti ngurusin bulan-bulan pertama kehamilan Nyanya.

Amplop kali ini templatenya sama kaya tahun lalu, cuman lebih disempurnakan aja. Kalo tahun lalu bisa tanpa lem, tapi karena berdasarkan pengalaman jadi kurang kokoh, makanya tahun ini kita bikin yang emang wajib pake lem aja. Selain dari itu sama aja sih.

Ilustrasinya seperti biasa, hasil kolaborasi bertiga. Initial illustration dari Nyanya, Rinjani menyempurnakan semuanya, dan final touch sama detailing saya yang ngerjain, sekaligus bikin layoutnya. Semuanya dikerjain cuman dalam semalem aja. Karena bikinnya full pake iPad, jadi iPad-nya digilir bergantian bolak-balik.

Cara bikinnya gampang banget. Tinggal download aja template-nya di link download di bawah, abis itu tinggal print, trus bikin-bikin deh. Kalo masih belom kebayang, semoga step-by-step tutorial dan foto-foto di bawah ini bisa membantu.

Btw kalo mau bikin pake template tahun lalu juga masih bisa, silakan download di sini.

Step-by-step Tutorial :

1. Download template dari link di bawah ini (PDF 2 MB)

 

Kalo link di atas ngga berhasil, coba klik di sini, atau copy-paste link ini di browser :

http://thebabybirds.net/downloads/eid_packet2018.pdf

2. Print di kertas ukuran A4. Disarankan print di print service pake kertas art paper 120gsm. Tapi kalo mau print sendiri di rumah juga bisa pake kertas HVS biasa.

3. Potong template sesuai bentuk. Bisa pake cutter, atau gunting. Abis dipotong, sekalian potong juga lubang untuk tutupan amplopnya (ditandai dengan garis putih), dan bagian untuk menyelipkan uang (garis putus-putus putih di sepanjang bagian tangan)

4. Lipat bagian kiri, kanan, atas, bawah untuk membentuk amplop. Lem bagian kiri-kanan yang udah ditandai dengan tulisan ‘GLUE HERE’, abis itu tinggal ditempel, dan jadi deh.

 

5. Selipkan uang di bagian tangan kalo uangnya mau ‘dipamerin’ buat foto atau buat lucu-lucuan. Tapi jangan lupa uangnya juga bisa disimpan di dalam amplop.

The girls called him Popo. Popo spent several years working as a graphic/new media designer in several companies in several cities before he got bored and decided to move back to Bandung and started his own streetwear label with his friends. Now, when he’s not busy massaging Nyanya’s back or making play doh with Rinjani, Popo can be found at WADEZIG! HQ making cool apparel.

Leave a Comment

%d bloggers like this: