DIY

DIY Paper Mache Necklaces

Weekend yang lalu kita bermain-main dengan paper mache alias bubur kertas bersama Rinjani. Awalnya Rinjani pengen bikin play doh (agaaaiinn?) setelah udah lumayan lama absen. Tapi trus saya usulin bikin bubur kertas aja, karena kebetulan beberapa hari sebelomnya saya dan Rinjani pernah ngebahas ini waktu nonton Art Attack di Disney Junior.

Caranya jauh lebih simpel ketimbang play doh. Cukup dengan kertas koran, lem putih, dan air aja. Kertas koran disobek-sobek kecil, trus masukin air, tambahkan lem putih secukupnya. Diaduk-aduk, sobek-sobek, remas-remas sampe kertasnya jadi bubur. Air sama lemnya menyesuaikan aja, kalo misalnya terlalu encer, ditiriskan aja.

Seperti biasa, Rinjani paling bersemangat pas bagian meremas-remas bubur kertasnya. Tapi males pas bagian bikin-bikinnya. Makanya biar dia tertarik, bubur kertas itu kita bikin jadi aksesoris yang nantinya bisa dia pake sendiri. Ini idenya saya dapet waktu dateng ke acara Art market Kopi Keliling beberapa waktu lalu di Jakarta. Nyanya dan Rinjani beli gelang keren banget, dan menurut penjualnya (yang sekaligus pemilik brand), itu terbuat dari kertas. Sayang saya lupa nama brandnya.

Setelah bubur kertas jadi, kita mulai membuat berbagai macam bentuk. Trus pengait untuk gelang dan kalung langsung dipasang. Setelah itu, dijemur sampe kering.

Karena kita bikin bubur kertasnya kurang halus, jadi pas kering jadinya ngga rata gitu grunjul-grunjul. Kalo kata Rinjani kaya tempe ahahah. Dan abis itu tentu saja, bagian yang Rinjani paling semangat, mewarnai menggunakan kuas dan cat akrilik.