Events & Celebrations

Workshop The Mogus di Selasar Sunaryo

Udah lama nih saya dan Ing ngincer pamerannya The Mogus di Selasar Sunaryo. Makanya begitu tau di rangkaian event pamerannya ada workshop buat anak-anak, tanpa mikir panjang kita berdua langsung daftarin Rinjani buat ikutan workshop serunya mereka. Rinjani juga ga lupa ngajak teman-temannya. Sayang ga semua temannya bisa.

Acaranya sendiri diadain di salah satu ruangan di Selasar Sunaryo (mamam tuh kurang artsy apalagi workshopnya ahahaha). Yang ngajarinnya langsung Mang Moel sendiri. Begitu masuk, anak-anak diminta duduk di alas lantai yang udah disediain. Sebelum memulai acaranya, Mang Moel meminta semua anak yang hadir memperkenalkan diri masing-masing. Lucu-lucu banget!

Di workshop ini anak-anak berkenalan dengan dakron dan jarum jahit. Rinjani belum pernah megang jarum jahit sebelumnya. Jadi begitu diajarin menjahit boneka mosternya, dia excited banget sampe ga mau dibantuin, padahal saya udah dag dig dug takut tangannya ketusuk jarum. Waktu sama Ing diingetin, “hati-hati ketusuk yaa?” jawabannya, “udah berkali-kali dari tadi popoo!” sambil terus konsen menjahit.

Hasil kreasi setiap anak pastinya beda-beda. Ada yang boneka monsternya jadi beneran serem, ada yang malah jadi cute. Gemes! Rinjani dan teman-teman seneng banget dengan keseruan sore itu. Mang Moel sabar banget ngadepin anak-anak, dan anak-anaknya emang nurut gitu dengan semua instruksi Mang Moel, mungkin karena Mang Moel ga bosen-bosennya mengapresiasi setiap anak. Duh, semoga Selasar Sunaryo rutin deh ngadain kegiatan buat anak-anak kaya gini *modus biar ada alasan makan cinnamon banana di Kopi Selasar*

Sebelum bubaran dan makan-makan, seperti biasa semua peserta workshop foto bareng sama Mang Moel, sambil memamerkan monster-monster plushies hasil karya masing-masing.

Tentang pameran The Mogus sendiri, kayanya udah ga perlu cerita macem-macem yaa. Semua orang kayanya udah paham soal kerennya Mang Moel ini. Apalagi sejak karyanya yang fenomenal dan jadi hype di ArtJog kmaren.

Pameran di Selasar ini ceritanya perayaan 10 tahun perjalanan The Mogus. Ada dua area pameran, area pertama dilarang merekam atau mengambil gambar, sedangkan area kedua adalah area interaktif. Di area ini ada yang namanya modular monster, jadi pengunjung ditantang untuk berkarya membuat monster dari modul-modul yang udah disediain dengan media cermin. Rinjani dan temen-temennya tentunya heboh. Dan hasilnya lumayan keren loh anak-anak ini.

Berhubung ga boleh foto-foto, jadi ga banyak foto yang bisa ditampilin di sini. Tapi emang karya-karya Mang Moel emang harus diliat langsung sih. Saya sama ing udah berniat mau ke sana lagi karena ngga puas kalo cuman sekali aja.