DIY

#WeekendProject : DIY Book Clutch

Saya ga inget Nyanya dapet ide membuat book clutch ini dari mana. Yang jelas, weekend kmaren dia ‘menantang’ saya untuk membuatnya. Okee challenge accepted!

Seperti biasa, foto-foto step-by-step-nya ngga lengkap, karena pas bikinnya kita ga yakin ini bakalan berhasil. Jadi kita lebih konsentrasi mikirin trik membuatnya daripada foto-foto :))

Idenya sederhana banget sebenernya. Menyulap buku tua menjadi clutch, dengan cara melubangi bagian tengah buku untuk membuat ruang penyimpanan. Setelah itu di sisi kiri kanan buku dtambahkan penutup yang juga sekaligus berfungsi menjadi penahan agar buku ngga bisa terbuka penuh yang bisa bikin isinya jadi tumpah berantakan. Sisanya, pekerjaannya cuman membungkus si buku menjadi lebih rapih dan terlihat cantik. Gampang kan?

Langkah pertama, pilih buku yang kira-kira cukup tebal, supaya ruang yang dihasilkan nanti bisa layak disebut clutch, cukup buat menyimpan handphone, dompet, peralatan make up, dkk. Selanjutnya, buat garis segi empat di bagian tengah halaman buku, kira-kira 1,5-2 cm dari pinggir atas-bawah-kiri-kanan buku. Berdasarkan garis tersebut, bolongi semua halaman buku dari halaman pertama sampai halaman terakhir dengan menggunakan cutter yang tajam. Ini bagian paling sulit, karena agak susah untuk menjaganya tetap rapih sampe halaman paling bawah. Tapi ga apa-apa, ga perlu terlalu rapi karena nanti bisa ditutup dengan bahan. Memotongnya juga harus ekstra sabar. Mendingan lama motongnya sedikit-sedikit, daripada pengen cepet trus motong sekaligus banyak trus ujung-ujungnya malah berantakan, atau malah sobek kertasnya.

Setelah pekerjaan membolongi semua halaman buku ini selesai, semua halaman buku yang tersisa itu dibagi dua bagian, sisi kiri dan sisi kanan. Masing-masing sisi diolesi lem di sisi bagian dalamnya. Tujuannya supaya semua lembar halaman tersebut menyatu dan menjadi kaku. Sisi bagian luarnya ga usah dilem biar dari luar tetep keliatan seperti buku beneran. Setelah dilem, tunggu sampe lemnya kering. Setelah kering, pinggiran halaman buku tersebut bakalan jadi kaku. Kalo masih belom kaku, ulangi lagi lemnya dan tunggu kering lagi. Hati-hati jangan sampe bagian kiri sama bagian kanannya nempel.

Pekerjaan selanjutnya lebih gampang. Semua permukaan buku dilapisi kain, sama kaya menyampul buku aja. Setelah itu, tempelkan bahan kain berbentuk segitiga untuk bagian pinggir atas-bawah. Selipkan di bawah lembar halaman yang udah kaku tadi, trus tempelkan ke bagian cover buku. Seharusnya clutch ini pake kunci magnet, tapi karena kita ga punya dan males nyari, jadi kita tambahin karet sebagai penguncinya.

Walaupun foto-foto di bawah ini ga lengkap, tapi kalo diperhatiin pasti ngerti deh caranya. Karena yang penting ngerti konsepnya aja, nanti triknya bisa ngarang sendiri. Bahan kain, motif, asesoris tambahannya juga bisa ngarang sebebas-bebasnya. Mungkin bisa ditambahin inspirational quotes gitu di bagian depannya atau ilustrasi yang keren-keren. Ayo coba bikin sendiri! :D

IMG_0413

IMG_0418

IMG_0419

IMG_0421

IMG_0454

IMG_0455

IMG_0456

IMG_0459

IMG_0512

IMG_0513

IMG_0515

IMG_0516

 

Nyanya was a Visual Merchandiser in a company in Jakarta, before she decided to quit and move to Bandung to live with the husband. After several years enjoying her freelancing times at home, She worked full time again as a visual merchandiser in Bandung. Currently, she joins forces with some friends to run an architecture based creative studio called DFORM.

Leave a Comment

%d bloggers like this: