Events & Celebrations Hey Rinjani

Selamat Ulang Bulan ke-6, Rinjani.

Selamat Ulang Bulan ke-6, Rinjani.

Boong kalo saya bilang “ga berasa yaaa, tau-tau udah 6 bulan aja…”

Berasa banget kok. 6 Bulan yang melelahkan. Tapi sekaligus seru banget. Saya ga tau gimana perasaan Rinjani sekarang, tapi yang pasti, saya sendiri ngerasa nervous dan deg-degan Rinjani mau memasuki fase 6 bulan kedua. Artinya, selamat datang solid food. Ada banyak ‘selamat datang’ lainnya, tapi makan adalah yang paling bikin deg-degan.

Sejak awal saya dan Ing udah sepakat, nanti begitu tiba waktunya Melon untuk makan, kita mau coba pake metode Baby-Led Weaning atau BLW. Sebenernya ini bukan metode baru, dari dulu juga udah ada, cuman penamaannya aja yang baru. Jadi metode ini, beda ama metode MPASI (Makanan Pendukung ASI) konvensional yang dilakukan dengan cara disuapi, BLW ini membiasakan bayi untuk makan sendiri makanannya sejak pengalaman pertamanya makan. Dengan BLW acara makan jadi lebih seru. Masih banyak manfaat lainnya, silakan liat di sini. Atau kalo mau sedikit usaha, silakan browsing di sini.

Tadi pagi adalah pengalaman pertama Rinjani makan, sekaligus pengalaman pertama kita semua menggunakan metode BLW. Menu pertamanya adalah kentang dikukus, trus dipotong kecil-kecil. Rinjani itu dari dulu paling males megang-megang sesuatu, walaupun selalu kita biasain. Tapi kali ini, Rinjani mau juga megang kentang yang dijejerin di tray-nya. Kata pertama yang terucap dari mulut saya dan Ing adalah “Melon pinteeeer”.  Serius, saya ga nyangka ternyata Rinjani mau megang kentang dan memasukkannya ke dalam mulutnya. Setelah bermain dengan kentang cukup lama, udah bisa ditebak kalo Rinjani bosan dan pengen kabur dari bumbo-nya. Tapi saya tahan, trus setelah dipancing-pancing, kentangnya dideketin ke tangannya, akhirnya dia mau ngambil dan reflek dimasukin ke mulut. YAY! Melon pinter lagi. Tapi tetep..reaksinya agak nyebelin, begitu ‘nyicipin’ kentangnya, mukanya langsung meringis trus kesedak. Entah dia ngerasa kentangnya ga enak, atau ngerasa aneh aja ada benda solid yang masuk ke mulutnya.

Lumayan lama tadi main-main sama kentangnya. 15-20 menit itu untuk ukuran Melon udah lumayan lama. Mudah-mudahan ini pertanda baik. Selamat menempuh 6 bulan kedua, dear Rinjani. Let’s have more and more fun!

Nyanya was a Visual Merchandiser in a company in Jakarta, before she decided to quit and move to Bandung to live with the husband. After several years enjoying her freelancing times at home, She worked full time again as a visual merchandiser in Bandung. Currently, she joins forces with some friends to run an architecture based creative studio called DFORM.

Leave a Comment

Comments (4)

  1. Hohoho… good luck yaaa dedeee… :) Jangan kalah sama Shafa yaa makannya. Saya kasi tips ni : Usahain rinjani sering-sering liat mama-papa nya makan, pasti nanti lama-lama jadi doyan makan deh… hehehe…

%d bloggers like this: