Rinjani's Birthday Trip

Rinjani’s Birthday Trip 2019 Part 2 : The Roadtrip

Jadi ya gitu. Setelah penuh dengan ketidakjelasan dan berkali-kali perubahan rencana, akhirnya jadi juga kita roadtrip ke Banyuwangi.

Hotel udah di-booking. Itinerary udah disusun. Dan yang sempet bikin deg-degan, akhirnya H-2 dikabarin kalo mobil udah beres dan bisa diambil. Hore! Pas dicobain ternyata emang berasa banget bedanya. Mobilnya jadi enak dan lebih nyaman. Okeh siap berangkat!

Rencana yang tadinya kusut dan suram, pelan-pelan mulai menampakkan secercah demi secercah harapan. Pertama tadi mobil jadi enakan, kan. Abis itu tiba-tiba dapet info kalo sirkus The Great 50 Show kebeneran lagi main di Surabaya. Ini tuh sirkus yang dulu sempet rame waktu main di Jakarta. Wah, kebetulan yang sangat kebetulan sekali! Rinjani belom pernah nonton sirkus sebelumnya, dan dia pengen banget. Yaudah langsung booking tiket buat hari Jumat karena takut kehabisan. Trus abis itu dapet info lagi dari sekolah, ternyata beberapa hari ke depan sekolahan libur karena ada UN. Artinya Rinjani ga perlu bolos sekolah. Alhamdulillah banget kan? Ternyata Tuhan bukannya ga merestui rencana kita yang sebelumnya, tapi Dia punya rencana yang lebih oke buat kita. Baiklah.

Karena terlalu excited, lagi-lagi kita impulsif majuin jadwal berangkat. Kenapa ga pagi-pagi abis nyoblos aja berangkatnya? Kenapa harus nunggu besokannya? Iya juga. Apalagi kan orang-orang se-Indonesia pasti pada nyoblos, jadi jalanan di mana-mana harusnya sepi.

Yaudah, pagi-pagi banget kita pada mandi sisiran bedakan trus langsung ke TPS dengan gegap gempita. Bismillah, walaupun gara-gara pilpres ini trip kita jadi mundur lumayan lama, tapi ga apa-apa demi Indonesia yang lebih baik, amin!

Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya

Karena ngantri, kita baru beres nyoblos jam 10an. Gapake babibu langsung cuss. Setelah mampir-mampir isi bensin, belanja stok makanan dan segala macem, akhirnya jam 12 siang kita baru masuk tol Pasteur.

Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya

Tujuan pertama, Artotel Surabaya, 779 km. Buset, gilak sih sebenernya kalo dipikir-pikir hahaha. Tapi yagitudeh, bukan bebibeurds namanya kalo ga ambisius. Padahal ini adalah pengalaman pertama lewat tol Trans Jawa. Rutenya tau juga engga, cuman ngandelin kesotoyan plus Google Maps aja.

Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya
Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya

Ternyata semua orang kayanya berpikiran sama kaya kita. Mikirnya abis nyoblos pasti sepi, ternyata justru sebaliknya. Sepanjang perjalanan lumayan rame, walaupun ga sampe macet. Cuman 40 km pertama di tol Cipali jalanannya banyak rusak dan lagi perbaikan jadi lumayan tersendat. Sisanya ramai lancar. Isinya mobil berpelat B semua. Mungkin orang-orang yang abis nyoblos lanjut libur long weekend ke Semarang deh.

Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya
Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya
Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya
Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya

Setelah sempet berhenti sebentar buat restock cemilan, akhirnya jam 5 sore kita udah nyampe di rest area km 429, Ungaran, Semarang. Sempet deg-degan tadinya karena bensin mulai menipis sementara sepanjang jalan rest areanya kalo ga ngantri, atau malah belom beroperasi pom bensinnya. Sepanjang perjalanan rest areanya lumayan banyak sebenernya, tapi sebagian besar masih dalam pembangunan.

Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya
Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya

Setelah istirahat, makan, dan isi bensin, kita lanjut lagi. Tinggal 326 km. Kalo kata Waze, lebih kurang 3 jam lagi. Ah cetek, kaya bolak-balik dari Antapani ke PVJ pas long weekend aja itu mah.

Gili apa kabar? Sejauh ini baik. Sepanjang perjalanan kerjaannya kalo ga tidur di carseat, nenen sambil digendong nyanya, atau cekikikan digodain kakaknya. Kalo si kakak sendiri sih udah ga perlu ditanya. Dia udah pernah ngerasain perjalanan yang jauh lebih berat dan membosankan sebelumnya. Duduk manis (ngga manis juga sih) di mobil seharian lewat tol doang mah cingcay buat dia.

Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya
Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya

Sesuai estimasi Waze, 3 jam kemudian jam 10 malam kita udah goler-goler di Artotel Surabaya. Total lebih kurang 10 jam perjalanan dari Bandung ke Surabaya, dengan 2 kali mampir di rest area. Dari sejak masuk pintu tol Pasteur, kita ga keluar-keluar tol sama sekali sampe exit di kota Surabaya. Emang ada beberapa ruas tol dan beberapa kali bayar di beberapa gerbang tol sih, tapi pokoknya nyambung terus aja tolnya. Total bayar tol sampe Surabaya lebih kurang 500 ribuan. Ternyata luar biasa memang Trans Jawa ini. Untung pilpres 5 tahun lalu kita ga salah pilih. Semoga yang tadi pagi juga ga salah pilih, amin.

Yang lebih menyenangkan lagi, experience sepanjang perjalanan tadi jauh melebihi ekspektasi saya. Saya sengaja ga mencari tau tentang Trans Jawa ini sih, makanya sebelom berangkat, yang ada di kepala cuman memori waktu masih tinggal di Bali dulu, bolak-balik Bandung-Denpasar naik Lorena atau Safari Dharma Raya lewat jalur Pantura. Ga menarik.

Begitu nyobain tol Trans Jawa, aduuhh, ternyata ga cuman jalanannya mulus, tapi pemandangannya juga ga kalah sama roadtrip luar negeri. Buyar deh semua kenangan bis pantura. Saking keren pemandangannya, persoalan klasik waktu roadtrip di NZ muncul lagi. “Aduuuh, kok kalo difoto pemandangannya jadi keliatan biasa aja yaa?”

Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya
Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya

Rinjani langsung nyeletuk dengan gaya judesnya yang khas (gaya khas kok judes), “Gausah difoto kaliiiii, diliat aja abis itu disimpen dalam hati…”

Trus satu hal yang bikin kita selalu suka roadtrip adalah pengalaman mampir atau ngelewatin kota-kota kecil sepanjang perjalanan itu. Bahkan walaupun roadtrip kali ini kita mampirnya cuman di Surabaya, tapi cuman ngebacain nama-nama daerah di papan penunjuk arah aja udah seneng banget. Salatiga.. Boyolali… Sragen… Ngawi.. semacam napak tilas buku pelajaran SD rasanya.

Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya

Subuh-subuh di Artotel, tiba-tiba saya kebangun trus mendadak kepikiran sesuatu. Langsung kasak-kusuk cek email tiket sirkus yang udah kita pesen.

Dhoweeennggg, bener kan, ternyata kita berangkatnya salah hari, gais.

Jadiiii kita kan udah pesen tiket sirkus buat hari Jumat, karena menurut rencana awal kita akan berangkat hari Kamis (sehari setelah pilpres), jadi cuman 2 malam aja di Surabaya. Tapi pas kita impulsif majuin keberangkatan jadi hari Rabu dan pesen hotel buat hari Rabu-Jumat, kita ga memperhitungkan kalo nonton sirkus itu hari jumaaaaat ahahahah. Gubrak. Terpaksa extend sehari lagi di Surabaya.

Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya

Hari pertama di Surabaya. Agenda pertama adalah berkunjung ke Monumen Jalesveva Jayamahe karya pak Nyoman Nuarta. Kalo liat di foto dan baca-baca infonya sih kayanya keren dan menarik. Soalnya ga cuman bagus patungnya, tapi di monumen itu juga ada museumnya. Lucunya, setiap kita nanya ke orang-orang, ga ada yang tau monumen ini. Bahkan mas-mas petugas loket retribusi truk di area pelabuhan Tanjung Perak (iya kita sempet nyasar ke pelabuhan) aja ga tau. Kok aneh ya? Apa orang lokal punya sebutan lain buat monumen ini?

Nyampe di lokasi, kita baru nyadar ternyata monumennya berada di dalam wilayah markas TNI AL yang mana tentunya restricted area alias bukan area publik. Menurut mas-mas TNI yang jaga di pos gerbang, kalo mau berkunjung harus ngurusin surat ijin secara tertulis dulu jauh hari sebelumnya, kecuali hari-hari tertentu yang emang dibuka untuk umum.

Setelah spik-spik dikit dengan trik klasik yang sering terbukti sukses, yaitu bawa-bawa Rinjani yang pura-pura ada tugas dari sekolah untuk mengamati (yang sebenernya ga sepenuhnya boong karena emang itu yang bikin sekolah selalu ngijinin siswanya bolos kalo buat jalan-jalan), akhirnya kita diijinin masuk sampe ngelewatin 2 lapis pos penjagaan.

Udah seneng-seneng diijinin lewat, eeh pas pos terakhir banget, ga tembus karena katanya wajib berpakaian rapi dan bersepatu sementara saya bercelana pendek, nyanya pake tanktop, dan kita semua bersendal jepit. Iya juga sih, yakali masuk markas TNI dengan tongkrongan macam turis nyasar begini.

Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya

Gagal liat karyanya pak Nyoman Nuarta, akhirnya kita banting setir balik ke kota dan makan di Sambal Bu Rudy. Standar turis banget ya? Tapi emang enak sih gimana dong.

Rinjani Birthday (Road) Trip 2019 : Surabaya

Beres makan, tujuan selanjutnya ke museum WR Supratman. Rinjani penasaran banget katanya pengen liat. Tempatnya kecil, dan berada di dalam pemukiman penduduk gitu. Tapi pemukimannya lucu banget. Walaupun sempit, tapi rapi dan bersih. Suasananya kaya nyaman banget gitu. Tapi selama seharian di Surabaya kita emang agak-agak amazed sih. Kotanya secara keseluruhan bersih, terawat, dan tertata banget. Jauh sama *uhuk*bandung*uhuk*.