Hey World Rinjani's Birthday Trip

Rinjani’s 6th Birthday Trip Day 9 : Caversham Wildlife Park & Hyde Park

Setelah selama dua hari road trip bolak-balik kita ngarep-ngarep ketemu kangguru liar di jalan raya tapi ga kesampaian, akhirnya hari ini kita bakalan beneran ketemu kangguru, karena hari ini jadwalnya adalah berkunjung ke Caversham Wildlife Park.

Hari ini kita lagi-lagi minjem mobilnya Gajah, karena dari kmaren udah keenakan ke mana-mana bermobil ahahah. Lagian sorenya kita udah janjian mau nongkrong di Hyde Park, jadi kayanya akan lebih gampang janjiannya kalo kita bawa mobil aja.

Caversham ini merupakan bagian dari Whiteman Park. Nyanya milih masukin Caversham ke itinerary dibanding Perth Zoo karena katanya di sini interaksi kita dengan binatang-binatang asli Australia lebih intim. Selain itu, dari rumah ke Caversham juga ga terlalu jauh. Kalo ga salah sekitar 20 menit.

Kita nyampe sana sekitar jam 10 siang. Di loket masuk, pas beli tiket, petugas tiketnya yang ramah ngejelasin rute kunjungan yang dianjurkan. Soalnya pertunjukan atau waktu kunjungan masing-masing hewan ada jadwal-jadwalnya masing-masing gitu, jadi kita harus menyusun strategi dulu biar ga ketinggalan.

Yang pertama dikunjungi, tentunya ke area kangguru. Akhirnyaaaa! Karena namanya wildlife park, jadi suasananya beneran kaya di hutan aja. Hutan yang dibagi per area, sesuai hewan masing-masing. Masuk ke area kangguru beneran kaya masuk ke habitat aslinya gitu. Kangguru bertebaran di mana-mana. Ada yang lagi makan, lagi tiduran, lagi jalan-jalan. Tapi kebanyakan pada bermalas-malasan sih. Ga tau ya aslinya gimana, tapi kalo saya perhatiin, kangguru di sini semuanya kaya yang pemalas semua gitu. Geraknya lambat, kebanyakan pada tidur-tiduran aja kerjanya. Mukanya kaya ngantuk gitu. Woles banget dah.

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

Rinjani paling heboh. Orang lain mah cuman ngasih makan atau foto-foto, dia pake peluk-peluk cium-cium segala. Eh tapi kita semua juga gitu sih. Apalagi Booi, seperti biasa kalo udah urusan binatang-binatangan udah ga bisa dibedain mana yang lebih heboh, dia atau Rinjani.

Dari area kangguru, tujuan selanjutnya adalah Wombat. Tapi dalam perjalanan menuju area Wombat, kita masih sempet mampir-mampir di bagian reptil, ular, dan lain-lain. Menarik ya, hewan-hewan native Australia itu kayanya kebanyakan binatang pengerat sama reptil. Bener ga sih?

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

Area Wombat ternyata beda sama yang kita bayangin. Kirain bakalan kaya Kangguru, berkeliaran bebas gitu. Ternyata Wombatnya cuman satu, dan cuman dipangku sama petugas gitu. Jadi kita cuman bisa foto bareng Wombat (plus petugas yang memangkunya). Dan ngantrinya lumayan panjang, jadi males. Di area ini, selain Wombat yang dipangku, juga ada berbagai jenis burung, dan lagi-lagi reptil.

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

Selanjutnya, Koalaaaa! Lagi-lagi Rinjani dan om Booi heboh. Tapi lagi-lagi kita kecewa, karena ternyata Koalanya lagi pada tedooorrrr. Jadi kan koala itu emang tidurnya 21 jam sehari. Makanya harus digilir, disaat yang lain tidur, ada satu Koala yang kebagian bangun untuk dielus-elus pengunjung. Ntar kalo udah waktunya tidur, dia bakalan tidur trus nanti giliran yang lain lagi. Ga seru sih, kita cuman bisa ngelus-elus pake punggung tangan doang, ga bisa gendong-gendong.

Tapi ada kejadian lucu waktu di area Koala. Waktu kita udah mau keluar dari situ, tiba-tiba ada satu koala yang berjalan ke arah pintu. Kayanya mau kabur. Petugasnya langsung menginstruksikan pengunjung untuk menutup pintu, ga ada yang boleh masuk atau keluar. Abis itu langsung ngomong di radio panggil, kayanya manggil rekannya. Setelah beberapa menit awkward gitu di area deket pintu, akhirnya ada petugas yang dateng. Begitu masuk, Koalanya langsung minta gendong trus langsung nemplok gitu. Ih, kolokan banget, keseul. Lucu tapi keseul, kerjaannya saree. Mukanya aja udah kaya muka-muka abis begadang 3 hari gitu. Macam desainer atau arsitek aja.

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

Selain itu masih banyak hewan-hewan lain yang kita kunjungin. Ada Possum, ada Tasmanian Devil yang ternyata lebih mirip tikus liar, dan berbagai hewan-hewan sejenis tikus dalam berbagai variasi bentuk dan ukuran. Sebenernya masih ada beberapa pertunjukan hewan lain, tapi kita ga tertarik. Karena tujuan utama kita emang cuman mau ketemu kangguru, koala, sama wombat doang.

Dari Caversham, kita langsung cabut ke City. Mau makan siang, sekalian beli-beli titipan. Sama Gajah kita udah dikasih instruksi untuk parkir di CCP aja. Tadinya saya pikir CCP itu nama gedung atau bangunan apa gitu. Ternyata CPP adalah City of Perth Parking. Gedung parkir gitulah, dan ada di beberapa tempat. Karena ga tau, jadi saya asal cari di Google Maps aja. Ternyata lokasinya agak jauh dari toko-toko yang kita tuju. Masih sama-sama di Hay Street sih, tapi lebih ujung. Jadi jalan kakinya lumayan jauh, padahal ada CPP yang lebih deket.

Tapi berkat jalan kaki menyusuri Hay Street, jadi nemu toko sepeda keren-keren, jadi mampir dulu deh. Selain itu juga ada banyak toko-toko dan kafe lain yang kmaren-kmaren belom sempet kita jelajahi.

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

Beres belanja-belanja tujuan berikutnya adalah Hyde Park. Sebenernya ini tuh agenda dadakan, sama kaya Trigg Beach kmarenan. Gara-gara Rinjani protes ga ada waktu buat main sama Nin, jadi kita bilang ke keluarga Gajah pengen ngajakin Rinjani dan Nin ke taman atau tempat-tempat yang mereka berdua bisa puas main. Gajah ngusulin ke Hyde Park aja, tempatnya enak dan bisa BBQ segala. 

Ternyata emang enak. Ya kayanya semua taman di sana enak sih. Gedeeee, dan yang paling penting, bersih. Saking gedenya, di tengah-tengah ada dua danau kecil. Trus ada track buat lari atau sepedaan mengelilingi danau. Dan tentunya, rumputnya rapiiih dan hijauuu banget. Ini udah jadi standar Perth banget deh kayanya. Rumputnya kenapa bisa rapi-rapi banget gitu ya? Ga ada rumput liar atau ilalang gitu. 

Karena ini adalah agenda bocah-bocah, jadi kita di sana lebih banyak ngobrol aja sambil ngeliatin Rinjani sama Nin main. Sesekali keliling-keliling pake otopet yang dibawain Gajah. Aduh enak banget ya kalo di Bandung ada taman kaya begini?

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

Setelah gelap, akhirnya kita caw dari Hyde Park. Gajah ngajakin makan Chinese food dulu di daerah Northbridge. Ada satu food court yang isinya Chinese food semua. Saya lupa namanya. Ada makanan Singapura dan Malaysia juga sih, tapi basic-nya tetep aja Chinese. Enak.

#heyWA Day 9

#heyWA Day 9

Abis makan, langsung pulang. Sebenernya perjalanan pulang malem itu saya nyetirnya salah ngikutin instruksi Google Maps, jadinya sempet nyasar dan harus re-route berkali-kali. Tapi kayanya Nyanya sama Booi ga ada yang nyadar sampe sekarang hihih.

Foto-foto hari kesembilan selengkapnya bisa dilihat di sini.

The girls called him Popo. Popo spent several years working as a graphic/new media designer in several companies in several cities before he got bored and decided to move back to Bandung and started his own streetwear label with his friends. Now, when he’s not busy massaging Nyanya’s back or making play doh with Rinjani, Popo can be found at WADEZIG! HQ making cool apparel.

Leave a Comment