Promote

Rinjani dan Apps

stimulearn-3-2

Kaya yang pernah saya bahas di sini, Rinjani udah kita kita kasih iPad sejak umur 2 th. Makenya ngga sharing sama saya atau Nyanya, tapi emang kita dedikasiin buat dia sendiri. Isinya pun khusus segala rupa educational apps untuk anak. Berhubung saya sama Nyanya sama-sama bukan penyuka games, jadi kita juga ngebiasain Rinjani untuk bermain apps yang lebih banyak unsur edukasinya. Misalnya seri aplikasi dari Toca Boca. Selain banyak memancing kreativitas, yang paling saya suka dari aplikasi keluaran Toca Boca ini adalah bahwa semua games yang mereka buat ngga ada unsur menang atau kalah.

Keputusan kita ngasih Rinjani iPad ini bukannya mau sok-sokan, atau ikut-ikutan tren bocah-bocah jaman sekarang gitu sih. Tapi karena emang kita pengen memanfaatkan segala cara aja buat ‘mengisi’ kepalanya si kucrit yang emang lagi haus-hausnya. Umur 3-5 tahun gitu kan emang tahun-tahun paling krusial dalam proses tumbuh kembang anak-anak. Dan itu tuh ga lama. Kaya yang saya bahas di postingan beberapa waktu yang lalu. Cuman dalam sekejap mata, meleng dikit tau-tau anaknya udah TK aja. Makanya, karena diburu waktu ini, jadi semua jurus harus dikeluarkan. Mulai dari permainan-permainan udik jaman saya SD sampe apps paling mutakhir di iPad, semuanya kita sodorin ke Rinjani. Acara-acara TV tertentu juga ikut ambil bagian. Pokoknya semuanya aja. Nanti tinggal kita tentuin aja dosisnya masing-masing. Biasanya dosis yang paling sedikit itu nonton TV sih.

Salah satu apps yang sekarang lagi jadi favoritnya Rinjani adalah Dancow Stimulearn keluaran Nestle. Tapi kasian, sekarang Rinjani musti puas main pake iPhone saya, gara-gara beberapa waktu yang lalu iPad-nya ilang. Dan sampe sekarang kita masih nabung buat beli gantinya. Tapi untungnya aplikasi Dancow Stimulearn ini universal, jadi bisa dimainin di iPad maupun iPhone, tanpa harus men-download ulang.

stimulearn-1-2

Aplikasi ini keren deh. Beda dengan kebanyakan aplikasi edukasi lainnya yang hanya berupa single app, aplikasi Stimulearn ini merupakan kumpulan 5 sub-aplikasi berbeda yang dikontrol oleh satu ‘mother app’ alias aplikasi utama. Aplikasi utama ini menyimpan satu akun orangtua, yang kemudian bisa mendaftarkan lebih dari satu akun untuk anak-anaknya. Jadi kalo punya anak lebih dari satu, masing-masing anak bisa punya akunnya masing-masing dengan profilnya masing-masing. Ada foto avatarnya segala lagi.

Selain itu, aplikasi utama ini bertugas mencatat semua progress dari si anak selama bermain kelima sub-aplikasi tadi. Ini bagian paling kerennya. Jadi kalo selama ini kan kita cuman ngajarin Rinjani main satu aplikasi edukasi, trus ngeliatin dia main sambil sesekali membimbingnya gitu kan. Nah kalo aplikasi Stimulearn ini, ada semacam report-nya gitu. Udah macam sekolah aja, kita bisa tau udah sampe mana aplikasi-aplikasi ini menstimulus anak kita. Trus berdasarkan report itu, aplikasi utama ini juga bakalan ngasih rekomendasi kita, apa yang harus dilakukan, aplikasi apa yang harus lebih dibanyakin lagi, bahkan ada rekomendasi aktivitas-aktivitas offline apa yang sebaiknya dilakuin sama si anak.

stimulearn-2-2

Kelima aplikasi yang dikontrol oleh satu aplikasi utama tersebut disusun berdasarkan 5 aspek dasar tumbuh kembang anak, yaitu language, problem solving, memory, attention, dan kemampuan psychomotor. Kelimanya itu dibagi dalam 5 permainan yang berbeda-beda, tapi sama serunya, yaitu ; Story House, Island Market, Forgotten Castle, Mr. Skylab, dan Pearl Beach. Kelima permainan ini kalo dimainin secara berkala, bakalan menstimulasi kelima aspek tumbuh kembang tadi. Trus tar setelah dimainin beberapa lama, nanti bakalan ada grafiknya gitu, aspek mana yang menonjol dari anak kita, dan aspek mana yang agak kurang. Misalnya Rinjani, yang menonjol itu language lah tentunya yaaa secara anaknya bawel luar biasa hihih. Trus memory-nya juga bagus. Tapi yang masih agak kurang itu problem solving-nya.

Story House_2

Pearl Beach_2 (problem solving)

Mr. Skylab_2

Island Market_2 (daya fokus)

Kalo penasaran pengen tau lebih banyak tentang aplikasi Stimulearn ini, website resminya ada di sini nih : www.dancow.co.id/dpc/stimulearn. Di websitenya ini ada keterangan lebih lengkap tentang aplikasi Dancow Stimulearn, cara downloadnya, dan info-info lainnya. Oh trus kebetulan banget, gara-gara lagi nyari tau lebih banyak tentang apps ini, saya jadi tau ternyata Dancow juga lagi ngadain Blog Competition tentang Dancow Stimulearn ini. Jadi kita cuman perlu download aplikasi Dancow Stimulearn, nyobain main bareng si bocah, cobain semua fitur-fiturnya, trus abis itu tulis review tentang aplikasinya deh. Reviewnya harus diposting di blog pribadi, trus linknya tar di-upload ke blognya Kumpulan Emak2 Blogger dengan menyertakan hashtag #belajarbesamabunda dan #stimulearn. Oiya postingannya itu juga harus ada foto-foto kitanya, atau kalo perlu videonya, pas lagi main Stimulearn bareng anak. Lumayan banget nih, nyobain aplikasi keren, trus bisa dapet hadiah pula.

Blog Competition ini berlangsung dari tanggal 22 Juli – 21 Agustus 2014. Keterangan lebih lengkap tentang syarat dan ketentuan blog competition ini bisa dibaca di fanpage Dancow Parenting Center. Oiya kalo mau nyobain apps-nya, bisa langsung download di sini.

 

The girls called him Popo. Popo spent several years working as a graphic/new media designer in several companies in several cities before he got bored and decided to move back to Bandung and started his own streetwear label with his friends. Now, when he’s not busy massaging Nyanya’s back or making play doh with Rinjani, Popo can be found at WADEZIG! HQ making cool apparel.

Leave a Comment