Hangout

Perpustakaan Elmuloka

Sudah jadi rutinitas setiap menjelang tidur malam saya selalu membacakan buku cerita untuk Rinjani. Buku cerita milik Rinjani di rumah tidak terlalu banyak. Sebagian besar bukunya merupakan kado ulang tahun dari teman-teman. Jujur saja, saya dan suami sangat jarang membelikan Rinjani buku cerita . Jadi tidak heran kalau kami berdua kadang merasa bosan membaca buku cerita yang itu lagi itu lagi.

IMG_2924

Untungnya di sekolahannya Rinjani ada perpustakaan yang mengoleksi buku-buku anak yang keren. Nama perpustakaannya, Perpustakaan Elmuloka yang dalam bahasa indonesia artinya tempat ilmu. Kenapa keren, karena selain pilihan buku-bukunya yang lumayan banyak, ilustrasi buku-buku di perpustakaan elmuloka juga sangat bagus dan menarik. Saya sendiri sering banyak mendapat inspirasi dari ilustrasi buku-buku di sana. Menurut saya sih, buku cerita anak-anak yang bagus itu ya yang ilustrasinya menarik. Anak-anak sendiri kan belum bisa membaca, jadi satu-satunya yang bisa menceritakan isi buku sekaligus memancing imajinasinya ya dari gambar.

Buku anak-anak di perpustakaan elmuloka didisplay berdasarkan fiksi dan non fiksi. Di area fiksi disusun berdasarkan alphabet, sedangkan yang non fiksi dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu. Seperti kategori ilmu sosial, pengetahuan alam dan matematika, bahasa dan religius. Buku-buku di perpustakaan elmuloka tidak hanya untuk anak-anak saja, buat orangtuanya pun tersedia pojokan khusus di mana terdapat novel-novel populer untuk dipinjam. Oiya, setiap tahunnya selalu ada buku-buku baru di perpusakaan ini, yang merupakan hasil donasi orang tua dan berbagai lembaga yang ada di Bandung.

Untuk menjadi anggota perpustakaan elmuloka sendiri ternyata tidak terbatas untuk murid internal saja loh, teman-teman yang tidak sekolah di situ pun bisa menjadi anggota perpustakaan. Banyak teman-teman Rinjani yang ga sekolah di situ daftar menjadi anggota perpustakaan elmuloka. Syaratnya juga gampang, tinggal membawa fotocopy KTP orang tua dan membayar uang pendaftaran udah deh, langsung bisa pinjam buku (maksimal 2 buah) yang paling lambat dikembalikan seminggu dari waktu peminjaman. Pokonya saya dan Rinjani hepiiii banget dengan perpustakaan elmuloka. Semoga tiap tahun buku-bukunya tambah banyak dan tambah keren-keren biar ga usah beli-beli buku :p

IMG_3355-2

IMG_3356-2

IMG_3357-2

IMG_3358-2

IMG_3359-2

IMG_3360-2

IMG_7774

IMG_2921

Nyanya was a Visual Merchandiser in a company in Jakarta, before she decided to quit and move to Bandung to live with the husband. After several years enjoying her freelancing times at home, She worked full time again as a visual merchandiser in Bandung. Currently, she joins forces with some friends to run an architecture based creative studio called DFORM.

Leave a Comment

Comments (2)

%d bloggers like this: