Hey Rinjani Stories & Thoughts

Main Hujan-Hujanan

Akhirnya Sabtu kmaren Rinjani merasakan pengalaman mandi hujan untuk yang pertama kalinya. Dulu itu waktu lagi ngobrol soal hujan sama Rinjani, saya pernah bilang, “main hujan-hujanan itu seru loh, nanti kapan-kapan kita main hujan-hujanan ya?”

Itu dulu banget. Dan sejak saat itu setiap hujan, dia selalu nagih, “popo katanya mau ngajakin aku main hujan-hujanan?” Setiap hujan. Di mana pun kapan pun. Memang anak ini kalo dijanjiin apa-apa pasti selalu inget. Selalu. Janji beneran, janji asal ngomong, janji apapun, pasti ditagih.

Kmaren sore, kebetulan kita sekeluarga ngga kemana-mana. Nyanya tidur karena lagi ga enak badan. Saya sibuk beresin kerjaan di laptop. Rinjani sibuk main. Trus seperti biasa, jam 2-an gitu Bandung mulai hujan. Dan seperti biasa juga, Rinjani mulai menunaikan haknya, menagih janji.

Okelah mari kita let’s go kalo begitu.

Saya masak air panas buat mandi, cetrekin water dispenser buat bikin teh panas, balurin minyak kayu putih ke sekujur tubuhnya Rinjani, dan seperti biasa, bikin perjanjian dulu.

“Oke kita main hujan-hujanan, tapi karena mum lagi bobo, kamu mainnya sendirian aja ga apa-apa?” (maksutnya supaya nanti setelah selesai, saya bisa langsung ngurusin dia, tanpa perlu ikutan ribet basah-basahan)

“Mau mau mauuuu! Huhuuyy yesss *&*(#$@&*#$^%” (teriak-teriak kesenengan)

“Ya udah, tapi harus janji dulu, kalo popo bilang udah, kamu harus udahan. Trus abis itu harus langsung mandi, trus harus minum teh panas. Ngerti ga?”

“Ngerti!”

Saya udah menduga sih, walaupun excited banget, dia pasti bakalan takut-takut juga hihih. Apalagi pas awal-awal, hujannya lumayan gede. Lucu banget ngeliatin mukanya antara hepi banget, tapi deg-degan juga. Trus jalannya pelan-pelan, awalnya kakinya dulu dibasahin, lanjut tangan, trus kaki satu lagi, dan setiap di antara pergerakannya itu selalu nanya, “dibasahin boleh? Ga apa-apa basah? Popo nanti ketawa-ketawa aja? Ngga marah?”

Sayang hujan derasnya ngga lama. Setelah hujan deras sekitar 10-15 menitan, pelan-pelan mulai agak reda. Tapi dari waktu 30 menit yang saya rencanakan, 20 menitan aja Rinjani udah puas dan minta udahan. Tapi kalo saya ikutan main sih pasti bakalan lain lagi ceritanya hihih.

Sesuai perjanjian, begitu selesai main ujan-ujanan, anaknya langsung saya guyur air hangat, dikucek pake sabun sebadan-badan, dikeringin, dibalurin minyak kayu putih, minum teh panas, trus disuruh beraktifitas lagi.

Ngga takut anaknya sakit?

Insya Allah ngga.

Karena pada dasarnya emang hujan itu ngga bikin sakit kan? Yang bikin sakit itu kan sebenernya adalah perubahan suhu tubuh yang ekstrim. Kalo suhunya anjlok tiba-tiba, misalnya karena kena air hujan terutama di kepala, tubuh kita bakalan bekerja ekstra keras untuk ‘memanaskannya’ supaya normal kembali. Logikanya, disaat tubuh lagi bekerja ekstra itu, dia bakalan gampang diserang sama penyakit. Sakit kepala, pilek, dan penyakit-penyakit lainnya. Apalagi anak-anak, sistem kekebalannya masih belom secanggih kita yang udah bisa multi-tasking. Apalagi kalo kondisi tubuh sedang ngga fit.

Jadi kesimpulannya, selama kondisi tubuh lagi fit, dan kita bisa menjaga suhu tubuh sebelom dan sesudahnya, mandi hujan is puuuure fun! Anak kecil itu paling suka main air. Ngga mungkin banget dia ga hepi kalo disuruh main ujan-ujanan. Tapi ya itu tadi, sebelom melepas Rinjani jumpalitan kaya anak monyet di tengah hujan, saya balurin minyak kayu putih dulu. Dan sesudahnya langsung diguyur air hangat, dibalurin minyak kayu putih lagi, dan minum teh panas, agar badannya ga perlu bekerja keras ‘memerangi’ dingin. Air hangat, teh atau susu hangat atau sup itu membantu mengembalikan suhu tubuh menjadi normal. Mengajak tubuh beraktifitas kembali juga lebih bagus ketimbang meringkuk di balik selimut.

Oh sebenernya selain masalah suhu tubuh, ada satu lagi sebenernya yang harus diwaspadai soal hujan-hujanan. Di daerah-daerah tertentu yang kadar polusinya udah tingkat tinggi, air hujan itu bakalan membawa polusi di udara itu ke bumi. Terutama gerimis. Kadar polusi yang di bawa gerimis itu katanya lebih besar ketimbang hujan deras. Saya juga ga tau alesan ilmiahnya, tapi kebayangnya sih karena kalo hujan deras kan airnya lebih banyak ya. Jadi mendingan hujannya yang deras sekalian. Dan jangan lupa mandi yang bersih sesudahnya.

Kalo tau dos & don’ts-nya, sebenernya ga perlu terlalu kawatir soal hujan-hujanan. Justru sebaliknya, mandi hujan itu bagus untuk melatih tubuh terbiasa dengan perubahan suhu yang ekstrim. Semakin sering, badan kita bakalan semakin terlatih menghadapi suhu dingin. Dan yang paling penting, hujan-hujanan itu hiburan sederhana dengan biaya minimum tapi memberikan kebahagiaan maksimum buat Rinjani.

Ayo, main hujan-hujanan!

hujan

hujan-2

hujan-3

hujan-4

hujan-5

hujan-6

The girls called him Popo. Popo spent several years working as a graphic/new media designer in several companies in several cities before he got bored and decided to move back to Bandung and started his own streetwear label with his friends. Now, when he’s not busy massaging Nyanya’s back or making play doh with Rinjani, Popo can be found at WADEZIG! HQ making cool apparel.

Leave a Comment

Comments (3)

  1. “kalau buka baju trus duduk di sini…”
    “ga usah..”
    “ga apa-apa”
    “kenapa?”
    “kan biar…ENAAAAKKKKK”

    ahahaha, rinjani lucu sekaliiiiiiiiiii.. XD