DIY For Us Gardening

Macrame Plant Hanger

Seiring dengan semakin beranak-pinaknya tanaman-tanaman kita di rumah, maka kebutuhan akan tempat bertumbuhnya juga otomatis semakin meningkat. Tadinya semua pot masih bertebaran di bawah, sekarang mulai merajalela ke mana-mana. Udah gitu saya sama Nyanya sekarang lagi suka tumbuhan-tumbuhan gantung semacam Donkey’s Tail gitu. Makanya kita jadi kepikiran untuk bikin sendiri gantungannya. Pilihan kita jatuh pada macrame. Selain secara fungsional cocok banget dengan kebutuhan kita, juga seni kerajinan tali-temali ini juga bagus buat dekorasi rumah.

Jadi macrame itu adalah seni kerajinan membuat berbagai asesoris atau produk dengan menggunakan benang atau tali, dengan teknik simpul atau ikat. Saya ga akan ngebahas teknik Macrame-nya sih, karena di Youtube juga banyak tutorialnya. Yang jelas, di luar masalah kebutuhan untuk gantungan pot bunga, seni macrame ini sebenernya seru. Kalo buat saya pribadi, ini tuh hampir sama kaya kalo saya bikin-bikin ilustrasi organik. Therapeutic. Menenangkan. Kaya terapi. Dan serunya lagi, secara teknis, macrame ini bisa dibikin menggunakan teknik simpul yang paling sederhana, sampe ke yang paling rumit. Semuanya tergantung kreasi dan improvisasi kita aja. Kita cuman perlu belajar beberapa simpul dasar aja. Sisanya mengarang bebaasss ahahah.

Setelah nyari-nyari benang yang cocok di toko benang di Bandung, akhirnya keluar deh tuh segala jurus tali-temali jaman Pramuka dulu. Seperti yang tadi saya bilang, rasanya kaya terapi. Kalo udah asik ngiket-iket benang, bisa lupa waktu.

Setelah selesai, beberapa macrame langsung kita pake. Senang, mudah-mudahan cita-cita saya untuk jadi tukang penjual tanaman bisa terwujud segera, Amin!

macrame-8

macrame-9

macrame-5

macrame-6

The girls called him Popo. Popo spent several years working as a graphic/new media designer in several companies in several cities before he got bored and decided to move back to Bandung and started his own streetwear label with his friends. Now, when he’s not busy massaging Nyanya’s back or making play doh with Rinjani, Popo can be found at WADEZIG! HQ making cool apparel.

Leave a Comment

Comments (4)

    1. nama tokonya lupa, tapi tokonya ada di Jl. ABC Bandung. Kalo dari arah pasar baru, sebelah kiri. Tokonya gede kok, jadi pasti keliatan kok kalo disusurin sepanjang jalan itu :D

%d bloggers like this: