DIY

DIY Marquee Letter Light

Setelah lumayan lama absen bikin-bikin #weekendproject karena berbagai macam alasan, akhirnya weekend ini kita bikin-bikin lagi. Sebenernya udah lama pengen bikin marquee letter ini. Cuman terkendala materialnya (selain masalah waktu yaa). Nyari lampu bohlam kecil itu susah banget. Well, mungkin banyak sih yang jual, cuman kitanya aja yang susah nyari waktu buat hunting. Akhirnya kmaren itu saya nemu semacam lampu hiasan pohon natal ini. Ukuran sama bentuknya udah pas banget sama yang kita pengen. Cuman masalahnya, lampunya nempel permanen sama rangkaiannya, ga bisa dibuka. Lah trus nanti masangnya piye? Tapi karena males nyari lagi, yaudah terpaksa puter otak buat masangnya deh.

Material untuk struktur utamanya kita pake cardboard, karena tipis, gampang dipotong, tapi kokoh/kaku ga gampang mletot-mletot. Hurufnya, tentu saja huruf A. Kalo kata Nyanya dulu waktu nyari nama buat Rinjani, “pokoknya namanya harus berawalan huruf A, biar nanti pas sekolah namanya termasuk urutan atas di absen.” Jadi, A itu untuk Almaviva, atau Artanya Rinjani.

Oke, pertamanya bikin bentuk konstruksi hurufnya dulu pake pensil. Saya langsung bikin di cardboard karena huruf A kan gampang, simetris doang. Tapi walaupun bikin bentuk dimensi huruf A itu gampang, nentuin titik lampunya biar jaraknya pas itu ternyata lumayan rumit. Mungkin nanti kalo senggang saya bikin versi downloadable PDF deh, siapa tau ada yang mau nyoba bikin.

marquee-1

marquee-2

marquee-3

Setelah potong-lipat, titik-titik lampu dibolongin dengan menggunakan pisau x-acto. Nah bagian tricky-nya di sini. Harusnya kan setelah dibolongin, tinggal pasang dudukan lampunya dari belakang, trus nanti bola lampunya baru dipasang di dudukan yang udah terpasang di bolongan. Tapi berhubung ini bola lampunya ga bisa dilepas, jadi terpaksa antar titik lampu itu harus dibelah, biar bola lampunya bisa masuk, dan dipasang satu-persatu sesuai lobangnya.

 

marquee-4

marquee-5

marquee-6

marquee-7

Berhubung kita pake cardboard dan semua sambungannya cuman pake selotip kertas, jadi mau ga mau harus di-finishing biar selotipnya ga keliatan. Padahal sebenernya kalo ga ada selotipnya, cardboard tanpa dicat pun udah bagus.

Setelah dicat, beres deh, tinggal dipajang.

marquee-8

marquee-9

marquee-10

marquee-11

marquee-12

The girls called him Popo. Popo spent several years working as a graphic/new media designer in several companies in several cities before he got bored and decided to move back to Bandung and started his own streetwear label with his friends. Now, when he’s not busy massaging Nyanya’s back or making play doh with Rinjani, Popo can be found at WADEZIG! HQ making cool apparel.