DIY

DIY Fidget Spinner

Seperti yang sudah diprediksi, Rinjani ikut terkena demam fidget spinner yang sedang mewabah itu. Sebagai orang tua yang selalu up to date dan kekinian, saya pun langsung mengajak Rinjani untuk… membuatnya.

Sebenernya ini tuh kita bikin awal puasa kemaren. Seperti biasa, kegiatan ngabuburit, biar Rinjani puasanya lancar. Awalnya kita bikin prototype dulu pake kertas yang dibikin jadi bintang. Inget ga, mainan waktu kecil dulu, bintang-bintangan ninja gitu? Nah itu.

Biar lebih seru, saya ngajakin Rinjani bikin spinner yang ‘agak kerenan’ dikit. Kali ini materialnya tutup botol minuman. Sebenernya agak fail sih, kita ga nemu tutup botol yang lebih kecil, jadinya spinner-nya kegedean buat tangan Rinjani yang mungil. Catatan penting buat yang mau bikin juga, perhitungkan ukuran telapak tangan sama ukuran tutup botolnya ya?

Selain tutup botol, material lain yang dibutuhin adalah kardus, glue gun, pipa isi pulpen, dan kawat kecil. Pertama, 4 buah tutup botol disusun jadi kaya spinner beneran di atas kardus atau karton, trus dicetak dan digunting. Setelah itu salah satu tutup botol dibolongin bagian tengahnya buat jadi poros. Bolongan ini kemudian dimasukin pipa bagian dalem pulpen seperti di foto.

 

Setelah itu, semua tutup botol diisi dengan glue gun bagian dasarnya. Sebelom lemnya mengering, segera isi tutup botol yang udah dipakein glue gun tadi dengan butiran pasir atau batu-batu kecil. Batu-batu ini fungsinya biar spinnernya jadi lebih berat dan muternya jadi lebih kenceng. Setelah diisi batu, bagian atasnya dikasih glue gun lagi buat nutupin.

Setelah semua tutup botol diisi pasir dan ditutup pake glue gun, langsung ditempelin ke kardus yang tadi udah dipotong. Kedua sisinya ditempelin kardus, biar keliatan lebih rapih.

Untuk porosnya, masukin kawat ke pipa pulpen yang udah ditempelin tadi. Kawatnya bisa pake kawat apa aja asal seukuran sama pipa pulpen. Saya sama Rinjani pake kawat bekas wooden clip yang dilurusin, soalnya ga punya kawat lain. Abis itu ujung-ujung kawat ditempelin potongan plastik glue gun yang masih utuh. Daaan, fidget spinnernya siap berputar!

Seperti biasa, Rinjani pengen ngehias-hias spinnernya. Jadi sama dia dipakein lem, trus ditaburin glitter. Selain pake glitter, masih banyak ide-ide lain yang bisa dipake buat ngehias spinner karya sendiri ini. Misalnya dicat, digambar-gambar, dan lain-lain. Jadi selain muter-muterin spinnernya yang konon katanya bisa menghilangkan stres, muter otak untuk berkreasi menghias spinner buatan sendiri ini juga seru. Buktinya Rinjani langsung teriak-teriak kesenengan, “It’s magnificent!” :)))

Happy spinning!