DIY

DIY Dress For Melon

Week end kemaren, saya jalan-jalan ke Cigondewah, tempat dimana banyak banget bahan-bahan dan aksesoris dijual cukup murah. Rencana awal sih saya nyari bahan bulu-bulu. Pengen banget nyoba-nyoba bikin kostum owl buat Melon. Latah liat Thalia, tiap tahun Ainanya (anaknya Thalia) dibikinin kostum gitu buat halloween. Buat seseruan aja sih ini juga. Oiya..gara-gara thread di The Urban Mama yang Crafty Mama juga nih, saya jadi latah pengen bikin-bikin.

Nah, setelah hunting di Cigondewah..yang saya temukan adalah renda-renda yang akhirnya saya beli Rp. 15.000 setengah kg. Lumayan saya pikir, buat bikin headband (nah ini juga gara-gara artikel DIY di TUM yang ditulis oleh @iamirma). Gpp deh ga dapet bahan-bahan bulu itu..soalnya kita ke sana juga hari sabtu sih, siang pula..jadi tokonya keburu tutup.

Nyampe rumah..saya langsung kepikiran mau bikin dress buat Melon. Rencananya buat besoknya pergi kondangan. Saya cuman punya waktu beberapa jam buat bikin dress. Pikir saya saat itu, yang penting jadi. Urusan rapi atau engganya belakangan :p Dari kemaren-kemarennya, saya udah ngumpulin beberapa potong pakaian saya yang emang udah ga kepake. Entah itu yang kekecilan, out of date atau yang baju yang ga bisa dipakai buat menyusui (karna saya lagi nyusuin Melon). Nah..yang saya gunakan buat dress Melon kali ini adalah atasan saya yang udah kekecilan. Hmm..sayang saya ga sempet foto-foto step by step nya dengan lengkap.

1) atasan yang motifnya cukup oke ini (menurut saya), bagian dadanya saya gunting. Jadi yang tersisa bagian atas. Si tali diatur lagi posisi lebarnya biar enak dan cukup dipake Melon. Oiya, tapi si tali ini ga saya gunting semua. Dan posisi panjangnya ga saya ubah..biar bisa dirombak lagi nanti kalo Melon gede :D Atasan saya ini sengaja ga saya rombak bagian belakangnya..karna bagian belakangnya ada resleting yang ga mungkin saya gunting. Jadi saya cuman ngutak ngatik di bagian depan dan samping.

2) Untuk bagian samping. Karetnya yang di ketiak, saya lepas. Kemudian saya jait mengikuti ukuran lebar bahu Melon. Udah deh jadi.

3) Untuk mempercantik dress Melon yang jaitannya acak adut ini, saya tambahin renda-renda yang saya beli di Cigondewah tadi. Renda-renda ini saya letakan di bagian dada. Sekalian buat nutupin jaitan yang kurang rapi :D

4) Sisa dari dress tadi yang digunting..saya gunakan untuk membuat headband. Tadinya saya pengen bikin headband ala Tea for Two yang ada di artikel TUM. Tapi apa daya..bahan sisanya ini memanjang..jadi saya buat bentuk pita aja.

Tadaaaa…jadi deh..dress lucu buat Melon. Gampang dan cepat! :)

Nyanya was a Visual Merchandiser in a company in Jakarta, before she decided to quit and move to Bandung to live with the husband. After several years enjoying her freelancing times at home, She worked full time again as a visual merchandiser in Bandung. Currently, she joins forces with some friends to run an architecture based creative studio called DFORM.

Leave a Comment

Comments (1)

%d bloggers like this: