Hey Poping Running

Bali Marathon 2013 : LibuRUN!

Bali Marathon 2013

 

PRE-EVENT

Tanggal 14-17 Juni kmaren saya dan geng IndoRunners rame-rame ke Bali untuk ikutan Bali Marathon. Ini sebenernya Nyanya yang maksa saya untuk ikutan. Sayanya ga begitu tertarik. Ya tertarik siih, tapi males kalo pergi sendiri tanpa Nyanya. Suami kolokan, biasalah.Tapi kalo Nyanya (dan Melon) ikut, biayanya lumayan juga. Jadinya ya gitu. Nyanya dengan semangat gegap gempita dari hari ke hari sejak berbulan-bulan yang lalu menyemangati saya untuk berangkat. Waktu saya tanya kenapa sih semangat banget nyuruh saya pergi, jawabannya, “biar kamu bergaul..”

Yaokesip.

Akhirnya beberapa bulan sebelom hari H, saya udah register, dan beli tiket pesawat berdua sama Booi. Ternyata flight kita bareng sama anak-anak IndoRunners yang lain. Ada Reza, Kak Arie, sama Bechi. Trus di bandara yang nganterin juga rame. Selain Nyanya dan Melon, ada Tyas sama Yogi, trus ada Argo juga. Dari sini udah berasa euforianya. Jadi berasa atlet-atlet gimanaaa gitu pake dianter-anter segala. Heroik-heroik gitu hahahah.

Oh dari sekian banyak anak-anak IR yang ikutan, cuman saya dan Booi yang ga pernah musingin masalah penginapan. Tadinya gara-gara kita berdua sebenernya lagi pada bokek. Jadi emang udah rencana ga mau nginep di hotel mahal. Pengen nebeng-nebeng sekenanya aja. Kebetulan kan temen-temen saya masih ada yang tinggal di Bali. Jadi sejelek-jeleknya ga bakalan sampe ngegembel di Kuta-lah.

Beberapa hari sebelom hari H, Anggia yang juga ikut Bali Marathon, nawarin tebengan penginapan. Jadi dia ada event dari kantornya gitu, trus dapet kamar gratis di The Westin Resort Nusa Dua. Kamarnya lumayan gede, tapi karena itu fasilitas kantor, jadi kan ga mungkin juga menyelundupkan semua orang kesitu. Jadi yang ditawarin cuman saya dan Booi sebagai gembel kasian yang belom punya tempat menginap hihihih.

Jumat malem pas mau berangkat itu Anggi mengabarkan, ternyata malam ini kita belom bisa langsung ‘menyusup’ ke kamarnya, karena masih ada event blablabla. Untungnya malam itu Kak Arie berbaik hati menampung saya dan Booi di kamarnya hahahah. Kak Arie menginap di The Flora Hotel, di Kuta. Hotelnya bagus. Kamarnya juga luaas banget. Trus ada kolam renang juga. Sayangnya kita check-in-nya aja udah malem banget, udah gitu pake jalan kaki dulu menyusuri Kuta nyari makan. Udah gitu ujan pula sampe besok paginya. Jadi ga ada kesempatan buat berenang.

Bali Marathon 2013

Bali Marathon 2013

 

 

DAY 1

Ternyata ya, The Westin Resort tempat Anggi menginap (dan bakalan kita susupi) itu adalah salah satu sponsor acara Bali Marathon, dan pengambilan race pack, carbo dinner, dan pre-event lainnya dipusatkan di situ. What a coincidence banget ya ga sih?

Jadi rencana hari pertama itu adalah, ke Westin rame-rame ngambil race pack sekalian naro tas di kamar Anggi, trus sorenya memenuhi undangan om Francis (CMIIW) makan-makan dalam rangka IndoRunners meet up  di Warong Miyabi. Malemnya langsung pulang, karena besok pagi race, jadi ga banyak kegiatan.

Siang sekitar jam 11-an kita semua sampe di Westin. Yang lain langsung ngantri ngambil race pack, saya dan Booi ke kamarnya Anggi dulu naro tas karena malemnya kita bakalan nginep di sini.  Daaan disinilah kerusuhan itu dimulai :)))

Kalo biasanya trio tolol kita itu adalah saya, Nyanya, dan Booi, sekarang posisi Nyanya digantiin dengan sama tololnya sama Anggi *facepalm*. Apalagi saya dan Booi, udiknya langsung keluar deh begitu masuk kamar hotel yang mewah itu. Ga usah diceritain detailnya ya? Malu :)))

Bali Marathon 2013

Bali Marathon 2013

Setelah puas foto-foto dan norak-norakan, kita langsung ke bawah dan bergabung sama antrian race pack. Ternyata di ruangan itu udah rameeee banget orang-orang. Saya ga bisa mendeskripsikan pake tulisan, apa yang saya rasain waktu itu. Antara merinding, excited, dan deg-degan. Woahh gilak, ini Bali Marathon cuuyy. Berasa keren juga sih. Eh ngga, berasa keren BANGET.

Btw race packnya juga keren. Jersey-nya bagus banget, dari New Balance.

Ada yang lucu soal race pack ini. Jadi kan ada beberapa dari temen kita yang dapet handuk gitu di dalam race packnya, sementara saya dan Booi engga. Trus kita protes dong. Malemnya pas pulang ke Westin, kita mampir dulu ke tempat panitia.

Booi udah pasang tampang emosi, “Mba, kok race pack saya ga ada handuknya ya? Tadi temen saya ada..”

“Mas ikut 10K atau HM atau FM?”

“mmm..10K!”

“ooh yang 10K emang ga dapet mas, yang dapet cuman half sama full marathon..”

“Hoo gitu.. yaudah deh, makasih ya?”

Trus saya tetep ngotot dari belakang, “Tapi tadi temen saya ikut 10K tapi kok dapet mba?”

Mba-nya dengan tampang -__- bilang, “yaudah deh nih nihh..ambil aja handuknya..”

HAHAHAHAHAH gilak jadi malu sendiri gitu. Gamau rugi banget :)))

Trus yang lebih kacau lagi, ternyata handuk yang tadi kita sangka punya kak Arie (yang ikut 10K), ternyata itu ketuker sama punya Gamma (yang emang ikut half marathon) hahahahah koplok.

Bali Marathon 2013

Bali Marathon 2013

Abis dari Westin, saya, Booi, Anggi, Kak Arie, Felix, Heppy, dan Bechi berombongan pake mobil sewaannya Anggi ke Havaianas. Lagi ada diskoooonnn. Hahahah. Tapi nyampe sana ternyata yang diskonnya tinggal ukuran yang segede papan surfing gitu. Jadinya yang tetep heboh cuman saya sama Anggi aja, sibuk milih-milih buat Melon sama Kilau.

Abis dari Havaianas, lanjut ke acara utama hari itu, kumpul bareng IndoRunners seluruh Indonesia. Katanya yang menginisiasi adalah om Francis, salah seorang IR-JKT. Seru banget, semua IR dari berbagai daerah ngumpul di situ. Ada yang dari Jogja, Bandung, Jakarta, Bali, dan banyak lagi. Para sesepuh IR juga hadir disitu. Setelah atmosfir pas pengambilan race pack tadi, acara kumpul-kumpul IR ini jadi makin bikin merinding gitu. Berasa eksklusif dan penting.

Setelah ngumpul-ngumpul, makan, ketawa-ketawa, foto bareng, kita bertiga cabut duluan. Nganterin race pack titipan temennya Anggi, mampir ke supermarket beli cemilan, trus langsung cuss Westin. Di kamar, mulai lagi tolol-tololannya. Ketawa ga abis-abis. Tadinya mau tidur cepet sih, tapi setelah dipikir-pikir, kalo tidur cepet trus taunya kebangun tengah malem trus ga bisa tidur lagi, kan repot. Jadi saya dan Booi jalan-jalan dulu ke luar liat-liat pantai sama muter-muter di area kolam renang. Pas balik ke kamar Anggi udah (pura-pura) tidur. Karena takut ngeganggu Anggi, saya dan Booi ngobrolnya bisik-bisik. Cekikikannya juga bisik-bisik. Tapi besoknya, kata Anggi, “KALIAN BERISIKKK BANGET TADI MALEM GUEH GABISA TEDORRR!! Tapi kalo gue melek, pasti gue bakalan terseret obrolan gapenting sama kalian, jadi gue pura-pura tidur aja sambil nahan ketawa dalem selimut!”

HAHAHAHAHAHAH!

 

DAY 2

It’s Race Day!

Sesuai rencana, karena harus berangkat jam 3 pagi, jadi kita semua udah bangun dari jam 2, dan mulai bersiap-siap. Dengan memproklamirkan diri sebagai Team Westin (padahal gratisan aja), kita foto dulu dooong. Trus posenya sama dengan pose foto kmaren hahaha. Booi perhatiin kakinya, jijik banget sebeul.

Bali Marathon 2013

Ternyata perhitungan mas Oka sang driver bener juga. Tempatnya lumayan jauh, sekitar 1,5 jam perjalanan. Makanya kita harus berangkat dari jam 3. Jadinya pas nyampe venue, kita masih ada waktu buat nyantai, ngobrol, dan merasakan hawa-hawa racenya. Hawa yang bikin merinding lagi. Apalagi udah ngeliat runners dari berbagai daerah, suku, dan ras. Oh di sana ada bu Mia, yang ada di film Pushing The Limit, sama si anak kecil bule yang keren itu. Makin merindiiiinggg woohoooo!

Bali Marathon 2013

Bali Marathon 2013

Tapi yang bikin paling merinding sih race khusus penyandang cacat. Asli ini mah keren banget. Kita semua bersorak-sorak gitu ngasih semangat ke mereka. Padahal sebenernya itu penyemangat buat kita sendiri. Soalnya ngeliat mereka yang hepi dan bersemangat gitu, kita jadi yang ikutan semangat juga.

Race untuk kelas full marathon start jam 5 pagi. Half marathon jam 5.30, dan 10K jam 6. Rutenya nanjakkk parah. Eh ga parah sih. Nanjaknya itu ga curam, landai aja tapi hampir konsisten sampe sekitar kilometer ke-5 atau 6. Setelah itu baru deh cenderung turun. Trus entah karena udaranya, atau gara-gara nervous, saya berasa kering banget tenggorokannya. Padahal baru kilometer ke-3. Bawaannya pengen minum banget. Berlari di atas pace rata-rata saya sendiri mungkin pengaruh juga sih. Jadi dari start saya udah lari dengan pace 6.4 min/km. Padahal biasanya 7-8. Jadinya exhausted banget. Udah gitu nanjak pula.

Walaupun sukses maksain lari dengan pace rata-rata 6.5 sampe finish dan berhasil mencapai personal best 10K, tetep aja race ini saya berasa butut banget larinya. Ga enjoy dan maksa banget. Ga asik. Padahal sepanjang rute, hampir di setiap desa yang kita lewatin, banyak anak-anak dan atau orang dewasa yang menyemangati. Ada anak-anak bawa bendera, ada yang pake kostum tradisional Bali, ada barong, macem-macem. Seru banget, dan bikin mendadak semangat lagi. Mereka ini, terutama anak-anak, keliatan antusias banget menyemangati para runners. Jadinya kita juga kebawa euforia gitu. Trus pas kita lewat, mereka teriak-teriak sambil berbaris menjulurkan tangan mengajak tos. Aaaahhhh ini pengalaman yang ga bakalan bisa dilupain. Asli ga melebih-lebihkan.

Saya finish dengan catatan waktu 01:08. Sekitar 3 menit lebih cepat dari rekor 10K saya terakhir. Tadinya sih ngarep bisa 1 jam pas. Tapi ternyata belom mampu sodara-sodara. Dada mau meledak. Tapi lumayanlah, targetnya emang cuman personal best aja kok. Dan itu saya persembahkan buat si kucrit Rinjani yang sabtu kmaren performance di sekolahnya tapi dengan sangat terpaksa saya ga bisa hadiri. Sejujurnya itu juga sih yang bikin saya ga bisa santai larinya. Saya maksa harus ngasih personal best buat Rinjani, padahal tracknya terlalu berat untuk ukuran saya yang ikut tanpa persiapan.

Bali Marathon 2013

Bali Marathon 2013

Bali Marathon 2013

Bali Marathon 2013

Setelah finish, langsung ngambil medal trus ngumpul di area stage/podium sambil nungguin yang lain. Anggi yang ikutan half marathon, pas di KM 18 mesej saya, ‘udah di KM 18’. Maksutnya disuruh siap-siap buat motretin dia pas finish ahahahah. Yaudah saya sama kak Arie nongkrong di garis finish deh nungguin. Setelah sekitar 15 kali dengerin lagunya One Direction diulang-ulang dari speaker gede panitia, akhirnya si Anggi nongol. Keren banget, saya lupa catatan waktunya berapa, tapi yang pasti itu termasuk kenceng bangetlah. Apalagi katanya itu dia lari non stop loh.

Setelah Anggi finish, kita balik lagi area podium, ngumpul-ngumpul, ngobrol, ketawa, dan foto-foto dengan segala rupa pose dan gaya. Yang kocak, pas kita ngelewatin satu tenda yang isinya orang Kenya semua, trus Anggi spontan pengen foto bareng gitu. Emang kita dari dulu cita-citanya pengen foto bareng pelari Kenya. Ya udah tuh Anggi duduk di sebelah si Kenya, trus minta ijin, “can i have a picture with you, please?”

Si Kenya dengan muka jutek ngejawab pake bahasanya gitu, “blekblekblekk…” entah apa maksudnya, trus melengos. Trus kita tetep ga tau diri gitu foto di sebelah mereka. Belakangan setelah diperhatiin lagi, kayanya mereka official gitu deh, bukan runners. Ah bodo, yang penting Kenya! :)))

Jam 9-an kita pulang. Sebenernya masih ada beberapa anak IR yang ikut full marathon, dan belom finish. Tapi karena udah ga kuat nungguin jadinya kita pulang duluan. Team Westin tetep pake mobil sewaan, team Kuta rame-rame naik shuttle bus yang udah disediain panitia.

 

THE AFTER PARTY

Pulang race, sebenernya ga ada lagi yang pantes untuk diceritain. Mending liat foto-fotonya aja sih. Intinya, kita nyampe Westin cuman istirahat bentaran doang, abis itu langsung cusss ke pantaaaaiiiii! Ahahahahah. Saya sama Booi sih masih mendinglah, cuman 10K. Lah Anggi, abis half trus langsung berenang lah, maen voli air lah, gilak.

Bali Marathon 2013

Bali Marathon 2013

Bali Marathon 2013

 

Puas tolol-tololan menikmati semua fasilitas hotel, kita balik ke kamar, mandi, makan pop mie sebentar, trus langsung cuss ke Motel Mexicola. Ini adalah kafe keren di daerah Kuta, yang foto-fotonya sering berseliweran di Instagram orang-orang. Tapi emang keren banget sih. Graphic sama interiornya dapet banget nuansa Meksikonya. Saya sama Booi sibuk mengagumi desain grafis dan interiornya, Anggi keliling motretin setiap detil tempat itu kaya orang bego.

Di sini rencananya kita mau ketemuan sama temennya Anggi, trus sekalian juga temen lama saya Edi dan istrinya Flora mau nyusul. Taunya, ternyata temennya Anggi itu adalah temennya Flora, dweenggg. Mereka kaget bisa ketemuan di situ.

Dari situ, kita lanjut ke Jimbaran bareng Edi dan Flora juga. Setelah seharian menguras kalori, saatnya balas dendam. Ga ada tempat yang lebih cocok buat balas dendam selain Jimbaran kan? Mwahahahahahah *telen cumi bulat-bulat*

Agak absurd sih sebenernya, saya nongkrong bareng Edi, temen lama jaman ngekos, trus ada Flora yang sekarang jadi istrinya Edi, trus ada Booi, trus ada Anggi. Absurd tapi menyenangkan.

Dan mengenyangkan.

Bali Marathon 2013

Bali Marathon 2013

Bali Marathon 2013

 

DAY 3

Pagi-pagi banget kita udah harus bangun. Kemungkinan besar Anggi bakalan ada meeting, jadi saya dan Booi harus segera menyelinap dari kamar itu. Makanya dari jam 8 pagi kita semua udah nongkrong di lobby, lengkap dengan backpack masing-masing. Tapi trus ternyata Anggi ga jadi meeting, jadi dia langsung cabut ke bandara pulang ke Bandung, sementara saya sama Booi dijemput sama Edi, masih harus menghabiskan waktu sambil menunggu flight ke Bandung nanti malem.

Hari itu kita cuman leyeh-leyeh sambil terkantuk-kantuk di rumah Edi di Jimbaran. Trus siangnya janjian ketemu sama temen lama saya dan Edi, trus cabut naik motor ke Kuta. Tadinya sih mau mimik cantik gitu sambil liat sunset. Tapi ternyata gerimis, jadinya nongkrong di Beachwalk aja, trus pulang.

Bali Marathon 2013

 

Pengalaman 3 hari yang sangat menyenangkan. Singkat, padat dan sangat dinamis. Suasananya berubah-ubah dengan cepat dan semuanya menyenangkan. Mulai dari nginep sama kak Arie, ngumpul bareng IR, tolol-tololan di Westin, euforia race, kongkow di kafe, sampe nongkrong bareng Edi pas hari terakhir. Puas banget. Saya harus bilang makasih sama Nyanya yang udah maksa saya buat ikutan. Trus musti makasih sama Anggi juga atas kemewahan Westin-nya ahahahah.

Catatan terakhir, saya pengen nyoba half marathon.

Foto-foto selengkapnya bisa dilihat di sini.